Visi:

“Unggul dalam menghasilkan ahli bidang Teknologi Pendidikan yang berwawasan global.”

Misi:

  1. Memperluas kesempatan belajar pada tingkat sarjana dalam bidang Teknologi Pendidikan yang berdaya saing.
  2. Menghasilkan lulusan sarjana berkeahlian Teknologi Pendidikan yang berkarakter, berintegritas, dan mampu bersaing secara global.
  3. Mengkaji dan mengembangkan sistem pembelajaran yang sesuai dengan perekembangan ilmu dan teknologi, dalam konteks tatap muka dan PJJ untuk mendukung peningkatan mutu pendidikan nasional.
  4. Menghasilkan dan mendiseminasikan temuan kajian keilmuan, teknologi dan seni bidang teknologi Pendidikan untuk pengembangan bidang teknologi pendidikan.

Capaian Pembelajaran

Ahli teknologi pendidikan profesional yang mampu mengaplikasikan teori, prinsip, dan hasil kajian untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif dan efektif, berorientasi kepada peserta didik, pendekatan sistem, dan pemanfaatan sumber belajar, dalam pendidikan tatap muka dan jarak jauh.

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bangsa dan negara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  1. Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  2. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  3. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  4. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  5. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dan profesi teknologi pendidikan.
  6. Menunjukkan sikap tanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  7. Menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  8. Menjadi pembelajaran mandiri dan pembelajaran sepanjang hayat.

Keterampilan Umum

  1. Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang teknologi pendidikan.
  2. Menunjukkan kinerja mandiri, mandiri dan terukur.
  3. Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya sebagai ahli teknologi pendidikan, berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman Universitas Terbuka.
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian bidang teknologi pendidikan dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman Universitas Terbuka.
  5. Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah bidang teknologi pendidikan, berdasarkan hasil analisis informasi dan latar.
  1. Memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat, baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  2. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  3. Melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  4. Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin dan mencegah plagiarisme.

Pengetahuan

  1. Konsep teoretis pendidikan secara umum.
  2. Konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam.
  3. Konsep teoretis pembelajaran; khususnya desain, perencanaan, dan pelaksanaan pembelajaran.
  4. Konsep umum dan pengetahuan operasional model dan strategi pembelajaran inovatif.
  5. Konsep umum dan pengetahuan operasional media pembelajaran dan sumber belajar.
  6. Konsep umum dan pengetahuan operasional penilaian dan evaluasi di bidang teknologi pendidikan.
  7. Konsep umum dan pengetahuan operasional metodologi penelitian dalam bidang teknologi pendidikan.
  8. Konsep umum dan pengetahuan operasional tentang perkembangan teknologi untuk pembelajaran.
  9. Wawasan etika profesi teknologi pendidikan.

Keterampilan Khusus

  1. Menganalisis konsep teoretis teknologi pendidikan secara mendalam.
  2. Menyelesaikan masalah prosedural dalam bidang teknologi pendidikan.
  3. Menerapkan konsep teoretis pembelajaran, yang meliputi kemampuan:
    • mendesain program pembelajaran,
    • merencanakan proses pembelajaran, dan
    • melaksanakan proses pembelajaran;
  4. Menerapkan model dan strategi pembelajaran inovatif.
  1. Menggunakan dan mengembangkan, media pembelajaran dan sumber belajar.
  2. Menyusun dan melakukan penilaian dan evaluasi di bidang teknologi pendidikan.
  3. Melakukan penelitian dalam bidang teknologi pendidikan.
  4. Menerapkan etika profesi teknologi pendidikan.

Organisasi