PENGUKUHAN GURU BESAR TEKNOLOGI PENDIDIKAN UNIVERSITAS TERBUKA
TEKNOLOGI PENDIDIKAN SEBAGAI SOLUSI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DAN SUMBER DAYA MANUSIA DI INDONESIA
oleh: Prof. Dr. Benny A. Pribadi, MA
Masalah kualitas pendidikan tentunya sangat berpengaruh terhadap masalah kualitas sumber daya manusia. Sistem Pendidikan harus dapat menghasilkan sumberdaya manusia yang berkualitas yang menjadi komponen penting dalam sektor pembangunan sebuah negara
Bidang Teknologi Pendidikan yang berfokus pada upaya-upaya peningkatan kualitas belajar dan pembelajaran memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas SDM pada semua satuan dan jenjang Pendidikan
Teknologi Pendidikan merupakan bidang kajian dan praktek etis yang digunakan untuk memfasilitasi proses belajar dan meningkatkan kinerja melalui penciptaan, penggunaan, dan pengelolaan teknologi, proses, dan sumberdaya yang tepat guna. Istilah studi yang digunakan dalam definisi Teknologi Pendidikan memiliki implikasi adanya proses kajian yang berkesinambungan dan sifat reflektif di dalamnya
Implementasi bidang Teknologi Pendidikan dilakukan melalui kajian secara kontinyu dengan menciptakan, memanfaatkan, mengelola teknologi, proses dan sumberdaya untuk mendukung upaya-upaya peningkatan kualitas pendidikan baik pada skala mikro maupun skala makro.
Konsep komitmen terhadap praktik etis dilakukan dalam menerapkan praksis Teknologi Pendidikan. Penyelenggaraan program Teknologi Pendidikan harus memenuhi standar etik yang telah ditetapkan
Implementasi bidang Teknologi Pendidikan pada hakekatnya memiliki tiga sasaran penting yaitu: 1) pelestarian ilmu pengetahuan, 2) transmisi ilmu pengetahuan, dan 3) upaya untuk memajukan ilmu pengetahuan
Bidang Teknologi Pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dilakukan dengan menggunakan lima kawasan atau domain yang meliputi: desain (design), pengembangan (development), pemanfaatan (utilization), pengelolaan (management) and evaluasi (evaluation)
Teknologi Pendidikan memanfaatkan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) untuk mentransmisikan konten atau subtansi dari nara sumber kepada orang yang belajar. Beragam media pembelajaran dapat dipilih dan digunakan untuk menyampaikan isi atau substansi pelajaran kepada siswa
Siaran radio, televisi, program multimedia, dan jaringan internet telah digunakan untuk menciptakan mode pembelajaran baru untuk mentransmisikan substansi atau konten pelajaran kepada peserta didik
Pemanfaatan Teknologi Pendidikan telah meluas kearah pemanfaatan prosedur yang berlandaskan pada pendekatan sistem atau sistem approach dalam menganalisis, mendesain, mengembangkan, menerapkan, dan melakukan evaluasi terhadap program dan produk pembelajaran
Analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi yang dilakukan secara sistematik dan sistemik akan menghasilkan sistem pembelajaran yang relevan dan tepat guna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dapat dimanfaatkan sebagai solusi dalam mengatasi permasalahan pendidikan khususnya dalam peningkatan kualitas SDM
”Perkembangan bidang Teknologi Pendidikan senantiasa berjalan beriringan dengan perkembangan teknologi informasi. Hal ini dapat dijadikan sebagai potensi untuk melahirkan inovasi atau pembaharuan dalam program dan produk pembelajaran yang dapat memfasilitasi terciptanya proses belajar efektif dan peningkatan kineja SDM”, demikian Prof. Dr. Benny A. Pribadi, MA mengakhiri orasi ilmiahnya pada Pengukuhan Guru Besar UT di UTCC UT Pondok Cabe
UT Pondok Cabe, 09/08/2022
Disarikan oleh Memet Casmat
Dosen pada Prodi Teknologi Pendidikan, FKIP UT
#Menulis Caraku Mengikat Ilmu